Rabu, 13 Januari 2010

Perlakukan Semuanya dengan Cara Yang Sama!

Seorang pemilik toko sedang memaku papan pengumuman di atas pintu bertuliskan “Anak Anjing Dijual”. Pengumuman seperti itu tentu akan menarik perhatian anak-anak kecil dan benar saja, seorang anak kecil muncul di bawah tanda pemilik toko.

“Berapa harga anak anjing yang akan Anda jual itu?” ia bertanya.

Pemilik toko itu menjawab, “Mulai dari $ 30 sampai $ 50.”

Anak kecil tersebut merogoh saku dan mengeluarkan beberapa receh. “Saya hanya punya $ 2,37,” katanya. “Bolehkah saya melihat anak-anak anjing itu?”

Pemilik toko tersenyum dan sambil bersiul, keluarlah dari kandang anjing bernama Lady, yang berlari menyusuri lorong tokonya diikuti oleh lima anak anjing yang mungil, kecil seperti bola bulu. Salah satu anak anjing itu tertinggal jauh di belakang. Melihat anjing pincang itu si anak bertanya,

“Apa yang salah dengan anjing kecil itu?”

Pemilik toko menjelaskan bahwa dokter hewan telah memeriksa anak anjing itu dan menemukan bahwa anak anjing itu tidak memiliki tulang pinggul. Anak anjing itu akan selalu lumpuh sepanjang hidupnya. Anak kecil itu menjadi bersemangat.

“Itu adalah anak anjing yang ingin saya beli.”

Pemilik toko berkata, “Tidak, kamu tidak mungkin ingin membeli anjing kecil itu. Sungguh jika kamu menginginkannya, aku akan memberikannya gratis untukmu.”

Anak kecil itu menjadi sangat kecewa. Dia memandang lurus ke mata pemilik toko sambil menunjuk jarinya dan berkata, “Aku tidak ingin kau berikan dia padaku. Anak anjing itu bernilai sama seperti semua anjing-anjing lain dan saya akan membayar harga penuh . Bahkan, aku akan memberimu $ 2,37 sekarang, dan 50 sen per bulan sampai aku mampu melunasinya.”

Pemilik toko membalas, “Kau seharusnya tidak membeli anjing kecil ini. Dia tidak pernah akan bisa berlari dan melompat atau bermain dengan kamu seperti anak-anak anjing lainnya.”

Untuk hal ini, anak kecil sampai ke bawah dan menggulung kaki celananya untuk memperlihatkan bengkok yang parah, ternyata kaki kirinya cacat sehingga harus ditopang oleh penjepit logam yang besar. Ia menatap pemilik toko dan dengan lembut menjawab,

“Yah, aku sendiri juga tidak mampu berjalan dengan baik, dan anak anjing kecil jelas membutuhkan seseorang yang mengerti keadaannya!”

(Oleh Victor dan Diane Chew)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar