Selasa, 22 Desember 2009

My Motivation Words

"Orang yang mencari kebahagiaan akan menemukan kebahagiaannya di luar diri mereka dengan segala macam kondisi dan syarat yang harus terpenuhi. Orang yang menyadari kebahagiaan akan menemukan kebahagiaannya tak berkondisi oleh apapun juga dan ada di dalam dirinya sendiri."

"Seorang buta tak akan bisa menikmati pemandangan yang indah.Tugas orang yang bisa melihat bukanlah menyembuhkan matanya, tapi menunjukkan keindahan apa yang tersedia di balik kegelapan yang menyelimuti matanya.Perihal orang buta itu mempercayai adanya keindahan seperti itu atau tidak adalah hak sepenuhnya si orang buta." (Vishon the Philosopher in HYBRIDS)

Sin bertanya,"Apakah kau tahu mengapa aku sangat mencintai manusia?" Benodhi menjawab dengan ketus,"Karena kau cukup bodoh untuk mencintai mereka." Sin menggelengkan kepalanya, ia menjelaskan,"Justru karena manusia yang cukup bodoh untuk terlebih dahulu mencintaiku sehingga akhirnya aku mencintai mereka. Mereka bahkan ...tidak sadar sedang mencintaiku dan ku cintai." (Sin n Benodhi in HYBRIDS)

"Tak akan terasa sempurna bahagiamu tanpa sebuah derita yang mengawalinya."

"Luka hanya akan terlihat berbekas dan meyakitkan jika anda melihatnya dari sudut pandang negatif, tapi luka akan terlihat menguatkan dan indah jika anda melihatnya dari sudut pandang positif."

"Hasil yang didapatkan dari keinginan untuk mendapatkan ucapan "terima kasih" adalah luka."

"Optimisme adalah senjata anda untuk membela diri dari kesedihan di dalam kondisi yang tak diinginkan dan pikiran positif adalah tameng anda untuk melindungi diri dari kemarahan di dalam situasi yang tak diharapkan."

"Dari bersyukur, kita akan menerima diri kita, dimulai dari sana, kita belajar menyayangi diri kita dengan cara yang benar, setelah itu, kita berusaha hindari pikiran dan perbuatan negatif yang merugikan diri kita dan menjadi optimis dan positive thinking, dari situ, kita menjadi sosok yang lebih flexible dan mudah ber...adaptasi terhadap kondisi apapun hingga kita bisa tetap bahagia dalam keadaan apapun juga."

"Satu - satunya hal yang bisa disebut masalah adalah ketika kita mengecap suatu objek atau fenomena sebagai masalah."

"Aku bukan malaikat yang selalu bisa bersikap baik. Aku juga bukan iblis yang selalu mau berbuat jahat. Syukurnya, aku adalah manusia yang bisa berperilaku seperti malaikat dan iblis di saat yang bersamaan sekaligus."

"Alih alih hanya menyalahkan diri sendiri, orang lain, kondisi, takdir, nasib, setan dan khilaf, lebih baik kita berusaha untuk mencari tau solusi dari masalah yang kita hadapi dan memperbaikinya."

"Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kehidupan, hanya saja terkadang kita tidak cukup perhatian untuk mengamatinya."

"Membenci segala macam keburukan tak akan membuatmu menjadi lebih baik daripada salah satu bagian dari keburukan itu sendiri."

"Apakah anda tidak menyalahkan kondisi saat sedang ada masalah? Apakah anda tidak menyalahkan orang lain ketika terluka? Apakah anda tidak menyalahkan diri sendiri bila ada hal yang tak diharapkan terjadi? Jika ya, anda tidak melakukan ketiga hal tersebut, maka itu berarti anda telah belajar untuk menjadi bijaksana."

"Iri tidak hanya menandakan tidak mampu untuk mendapatkan hal yang sama, tapi juga tidak mampu untuk mencintai diri sendiri dan juga tidak mau untuk bersyukur."

"Terkadang aku tahu hal apa yang seharusnya ku lakukan tapi karena aku tidak diberitahu kenapa aku harus melakukan hal itu, aku malah melakukan hal yang tidak seharusnya ku lakukan."

"Kebanyakan orang bersusah payah untuk mencari kebahagiaan di luar dirinya, terikat dengan fenomena fenomena yang terjadi dan objek objek yang dipikir dapat membahagiakannya ketika dimiliki, tanpa menyadari bahwa kebahagiaan hanya bisa ditimbulkan dari dalam dirinya sendiri yang mau bersyukur atas apapun yang terjadi dan dimilikinya."

"Satu kebohongan untuk semua kebohongan. Semua kebohongan untuk satu kebohongan. Kerumitan pun perlahan - lahan terbentuk dan anda akan semakin terjebak di dalamnya..."

"Pastikan anda telah bertindak berani ,bukan bodoh, saat hendak memberikan kepercayaan kepada orang yang telah merusaknya."

"Apa yang anda lakukan kepada orang lain mencerminkan sikap anda kepada diri anda sendiri."

"Adakah kesabaran yang sesungguhnya jika kesabaran itu sendiri bisa memiliki batasnya?"

"Jangan takut akan luka, karena anda tidak menjadi lebih kuat tanpa luka."

"Selalu ada waktunya untuk segala hal. Tapi apabila anda berhenti berusaha, anda sedang menghentikan waktu anda sendiri untuk mendapatkannya."

"Aku tak akan pernah berlari dari kenyataan hanya untuk mengurung diriku ke dalam fantasiku. Karena aku masih ingin hidup sebagaimana seharusnya, bukan seperti orang gila yang lemah menghadapi kenyataan."

"Ada yang boleh diketahui, ada yang harus diketahui, ada juga yang tidak boleh diketahui dan tidak penting untuk diketahui. Untuk kedua yang terakhir, ku memilih untuk tidak mengetahui mereka sama sekali demi kebaikanku sendiri."

"Kesenangan bersifat sementara terjadi, kenangan bersifat permanen di dalam diri. Keduanyalah yang menyebabkan penderitaan akan kerinduan terjadi."

"Hendaknya hati yang sungguh sungguh percaya dan tangan yang ikhlas memberi, tak pernah menggunakan mulut untuk memberitahu tindakan mereka."

"Aku terlampau melekat kepadamu sehingga aku begitu bahagia ketika memiliki dirimu namun begitu menderita ketika memiliki kehilanganmu."

"Ego dan kebahagiaan seringkali tersamarkan karena adanya nafsu. Apabila kita tak bisa memusnahkan nafsu tersebut, sekiranya setidaknya kita harus berusaha untuk bisa melampauinya agar jelas yang manakah yang sesungguhnya kebahagiaan dan yang mana yang sekedar ego."

"Nikmatnya melakukan dosa terbayarkan dengan akibatnya yang menyengsarakan. Sulitnya melakukan kebaikan terbayarkan dengan hasilnya yang membahagiakan. Semuanya hanyalah masalah keseimbangan."

"Tak ada yang tak memiliki rasa takut. Pada awalnya, semua orang adalah penakut, tapi hanya para pemberani yang memutuskan untuk melawan ketakutannya."

"Cinta bagaimanapun juga bukan untuk diuji, tapi untuk dipelihara hingga terus berkembang dan biarkan ia mati hanya bersama kematian."

"Anda bukanlah seekor cicak yang ekornya bisa beregenerasi begitu saja ketika terluka. Anda adalah seorang manusia, lebih sempurna daripada seekor cicak dan karena itulah anda harus menjadi jauh lebih kuat ketika terluka."

"Ada dua tipe orang yang percaya : melihat keyakinan berdasarkan kenyataan dan melihat kenyataan berdasarkan keyakinan. Yang manakah anda?"

"Keburukanku selalu menghantuiku, merendahkan diriku sendiri sehingga aku tak tahu apa saja batas yang bisa ku lampaui. Karena itulah aku menarik diriku dari segala macam batas apapun. Mencoba menghindari hal yang ku rasa telah ku kenal tapi tak bisa ku lihat batasannya, sekalipun itu berarti merusak kenyamananku."

"Kebingunganmu sesunguhnya menunjukkan sejauh apa batas pikiranmu."

"Kesalahan terbesar ternyata bukanlah di saat kita melakukan hal buruk, tapi di saat kita berdiam diri padahal kita mempunyai kemampuan untuk mencegah suatu hal buruk untuk terjadi."

"Ternyata persahabatan justru terasa lebih manis di saat perpisahan."

"Terima kasih kamu telah menyadarkan betapa lemahnya aku, sekarang aku menyadari bahwa karena aku belum sekuat itulah sehingga aku berusaha untuk menjadi lebih kuat. Bagaimana mungkin mereka terpisah dariku, jika mereka telah ada di hatiku? Karena itulah aku merasa yakin, kebahagiaanku akan tetap ada karena mereka memang masih ada di sana."

"Kematian adalah perubahan. Penyakit adalah perubahan. Bencana adalah perubahan. Perpisahan adalah perubahan. Pertengkaran adalah perubahan. Penuaan adalah perubahan. Setiap detiknya adalah perubahan, apa yang harus begitu ditakuti dan disedihkan dari perubahan yang selalu ada?"

"Mengapa benci dan cinta bisa menjadi sangat melekat sekalipun keduanya bertentangan? Mengapa benci bisa menjadi begitu manis ketika terpuaskan? Mengapa cinta bisa menjadi begitu tragis begitu terlepaskan? Tidakkah karena keduanya berasal dari satu hal yang sama yaitu hasrat kepada sebuah objek?"

"Di balik semua keburukan, terdapat sebuah luka yang memicu ataupun menyelimuti tindakannya. Karena itulah, maafkan mereka semua yang telah berbuat buruk kepada kita. Jika kita melukainya lagi, sama saja kita menambahkan lukanya dan menjadi lebih buruk daripada mereka."

"Ada banyak hal yang tak bisa terpuaskan di dunia ini, tapi hanya ada satu sumbernya: nafsu."

"Tanpa keburukan, tak akan dikenal yang bernama kebaikan.Tanpa penderitaan, tak akan dikenal yang disebut kebahagiaan.Tanpa kesengsaraan, tak akan dikenal yang dipanggil kelegaan.Ketika kita merasakan emosi negatif, seharusnya kita menyadari bahwa hal tersebut adalah awal untuk kita menapak ke emosi yang lebih positif."

"Ketika kau berharap diperhatikan dunia dan menangis, dunia akan tetap berputar seperti biasanya, memastikanmu untuk tetap menangis.Ketika kamu mulai memperhatikan dunia,maka dunia akan menangis bersamamu."

"Mau mencoba untuk menjatuhkanku? Coba pikirkan lagi. Aku tak perlu membencimu karena aku adalah kebencianmu. Aku tak perlu melukaimu karena aku adalah lukamu. Aku tak perlu menyentuh kelemahanmu karena aku adalah kelemahanmu. Kau telah menyusun kejatuhanmu sendiri ketika kau memutuskan untuk menjatuhkanku." (ucapan Sin kepada Doom)

"Jika aku membalas perbuatannya yang melukaiku,maka aku justru lebih buruk daripadanya.Karena aku bisa saja menggunakan kesempatanku untuk memaafkannya tapi malah mengabaikannya dan membalasnya lagi."

"Jika perbuatan baik kita dilakukan atas dasar ketakutan atau keinginan untuk mendapatkan pahala,maka kita tak akan pernah menikmati perbuatan baik yang kita lakukan."

"Jikalau cinta tak pernah mencukupi dirimu, maka hadirnya persahabatan akan melengkapi dirimu..."

"Semakin besar ego seseorang, semakin mudah ia merasa risih akan keadaan sekitarnya."

"Manusia telah memiliki segalanya.Kita memiliki penderitaan untuk ditertawakan ketika datang, kita memiliki kebahagiaan untuk direlakan ketika pergi.Sudah tidak ada alasan lagi untuk kita tidak bersyukur setiap harinya."

"Hal yang kau pikirkan mengenai dunia akan membentuk dunia mu sendiri."

"Niat buruk dalam dirimu akan menghantui dirimu sendiri. Setelah kau berniat untuk melukai seseorang yang tak bersalah, kau akan ketakutan akan dilukai oleh seseorang yang bahkan tak berniat untuk melukaimu..."

"Jikalau harapan tak pernah runtuh, kesuksesan yang diraih tak akan pernah nikmat."

"Harapan dan keinginan hanya datang dari hati yang gundah dan karena itu harapan dan keinginan tidak selalu baik adanya. Bersahabatlah dengan mereka dan pastikan bukannya dikendalikan oleh mereka, dengan begitu kita tak akan terluka ketika keduanya runtuh."

"Haruskah aku marah ketika orang - orang mementingkan egonya daripada diriku?Siapa yang lebih besar ego-nya di saat aku ingin lebih diutamakan daripada ego orang - orang tersebut?Apakah aku atau mereka?Tidakkah aku akan menjadi sama rendahnya dengan mereka yang mementingkan egonya jika aku marah karena ingin mereka lebih mementingkan aku daripada ego mereka?"

"Kebahagiaan dan penderitaan tidak pernah ada dalam suatu hal.Mereka ada ketika kau berpikir bahwa mereka ada.Mereka tak ada ketika kau pikir mereka tak ada.Objek tidak melakukan apapun, pikiran kita sendiri yang bereaksi terhadap barang ke luar dari dalam diri kita dan kembali lagi ke dalam diri kita."

"Apa yang tak terlihat dari ucapan dan perbuatan seseorang adalah yang menunjukkan jati diri asli orang tersebut."

"Lihatlah dunia sebagaimana adanya, jangan melihat dunia sebagaimana apa yang kau mau ataupun kau yakini.Karena apa yang kau mau belum tentu yang kau butuhkan dan terbaik untukmu dan apa yang kau yakini belum tentu benar dan bisa membutakanmu."

"Jangan biarkan penilaian orang lain meninggikan ataupun menjatuhkan dirimu.Kaki ada agar kita tetap berpijak di atas tanah.Telinga ada untuk mendengar, bukan untuk melukai dirimu sendiri."

"Mengapa penilaian orang lain mengganggumu?Jika kamu tau apa yang kamu lakukan tidak merugikan orang lain ataupun dirimu sendiri dan tidak ada kesalahan yang patut untuk diperbaiki dari penilaian tersebut, majulah, biarkan saja penilaian orang itu melukai orang itu sendiri.Jangan sampai langkahmu terhentikan hanya oleh kekhawatiranmu akan kata-kata orang yang tidak suka melihatmu maju."

"Menjadi dirimu sendiri bukan berarti tidak memperbaiki diri sendiri. Dirimu adalah saat kamu memiliki kelemahan tersebut, dirimu juga adalah saat kau berhasil memperbaiki kelemahanmu.Memperbaiki dirimu sendiri adalah salah satu cara untuk menunjukkan betapa kau menyayangi dirimu sendiri dan bangga menjadi dirimu sendiri."

"Jangan salahkan keadaan.Keadaan hanya menjalankan tugasnya untuk membentuk diri manusia.Kembali lagi kepada manusia itu sendiri, maukah ia dibentuk menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk?"

"Semua manusia adalah hasil dari evolusi bertahun-tahun yang bisa bertahan di antara sekian banyak kepunahan sampai sekarang ini. Hal ini menandakan bahwa di dalam perubahan sepelik apapun, manusia tetap dapat bertahan. Semua manusia adalah hasil dari satu2nya sel sperma yang lebih unggul di antara sel2 sperma lainnya... hingga akhirnya berhasil membuahi ovum. Hal ini menandakan bahwa manusia lahir sebagai pemenang."

"Jangan sombongkan diri Anda karena orang lain merendahkan orang sombong. Jangan tinggikan diri Anda karena masih ada langit di atas meskipun kita tak melihatnya. Jangan besarkan diri Anda karena ketika Anda berbuat salah, maka semua orang akan melihatnya. Jangan pikir Anda adalah batas kemampuan orang lain, karena Anda akan tak bisa melihat seberapa rendah batas kemampuan Anda."

"Seni daripada mencintai justru ada di dalam perbedaan antara dua individu yang bisa saling menarik."

"Berhati-hatilah akan cinta, pastikan anda tetap mengendalikannya bukan cinta yang mengendalikan anda karena ketika cinta sudah berbicara, logika diam seribu bahasa."

"Cintailah cinta dan kau akan menderita karena kemelekatanmu akan cinta, bukan karena cinta itu sendiri."

"Diri kita unik karena tak ada satu pun orang yang bisa seperti kita. Diri kita spesial karena hanya ada satu di dunia. Diri kita berharga karena tak ada yang bisa menandingi kita untuk menjadi diri kita. Jadi untuk apa kita ingin menjadi orang lain?"

"Kebahagiaan ibarat kupu2 kecil, ketika kita terlampau mengejarnya hingga tak berhati - hati, kita akan jatuh terluka. Saat kita telah berhasil mendapatkannya serta tak ingin kehilangannya, kita berusaha mempertahankannya, menggenggamnya terlalu erat hingga membunuhnya."

"Pastikan otak bergerak lebih cepat daripada lidah, bukannya lidah yang bergerak lebih cepat daripada otak.Karena orang bijaksana berpikir tanpa bicara sedangkan orang bodoh berbicara tanpa berpikir."

"Orang2 baik melihat kesalahannya sendiri. Orang2 kuat mengakui kesalahannya sendiri. Orang2 hebat meminta maaf atas kesalahannya sendiri.Orang2 bijak tidak melakukan kesalahannya lagi."

"Ketika anda ragu atau takut untuk berbuat kebaikan, atau seringkali ada yang menghalangi niat baik Anda, ingatlah 3 hal ini : Siddharta Gautama yang dilukai oleh Devadatta, Yesus Kristus yang dihujat kaum Farisi, dan Muhammad yang hendak dibunuh kaum Qurais. Ketiganya dihalangi oleh banyak rintangan, namun berhasil meninggalkan kebaikan bagi dunia."

"Hidup bukanlah sekedar menunggu badai akan berlalu, tapi tentang bagaimana kita belajar untuk menari di antara badai"

"Pemberani menarik pemberani. Pengecut menarik pengecut. Orang bijak menarik orang bijak. Orang bodoh menarik orang bodoh. Marilah kita menjaga pergaulan kita baik2 agar kita tidak tertarik menjadi sosok yang negatif."

"Jangan mencobai aku. Karena aku sedang mau belajar untuk menjadi bijaksana. Jangan mengganggu aku. Karena aku sedang mau belajar untuk menjadi dewasa. Jangan menggurui aku. Karena aku sedang mau belajar dari kehidupan bukan dari orang lain."

"Kebanyakan orang berterima kasih atas perbuatan baik yang telah dilakukan orang lain kepadanya. Beberapa bahkan tidak mengucapkan terima kasih sama sekali. Tapi yang paling banyak dilupakan oleh semua orang adalah untuk berterima kasih kepada dirinya sendiri yang telah memampukannya untuk bisa sampai berada di saat ini."

"Anda semua berharga di dunia ini, karena Anda hanya ada satu di dunia. Tak ada satu orang pun yang bisa menjadi diri Anda sebaik yang Anda lakukan."

"Don't ask why I want to be your friend or who I am, just let me fill your emptiness, accompany you in the silence and protect you from your tears if you allow me... "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar